Header Ads

DataBase GramediaBook



      

https://previews.123rf.com/images/clairev/clairev1005/clairev100500050/7078023-various-kids-holding-book-illustration-.jpg               Pada kesempatan kali ini saya akan membagika sebuah database sederhana bertemakan “Gramedia Book” menggunakan Microsoft Access. Dengan di buatnya aplikasi database sederhana ini ,agar memudahkan pelanggan untuk melihat Nama buku yang akan di jualkan ,nama penerbitnya, tahun terbit,dan daftar harga .Disini saya menggunakan  tabel,Quarry,Form,Report dan  SwitchBoard.







 Tables


Langkah awal yang saya buat adalah membuat Table Book ,di table ini saya menambahkan ,ISBN menggunakan tipe data Number ,judul menggunakan tipe data Short Text ,ID_Penerbit menggunakan tipe data Nimber,Harga menggunakan tipedata Currency
Dan Tahun menggunakan Tipe data Number

Setelah selesai membuat table pertama kita buat table lagi dengan cara Create tabel lalu saya beri nama “PENERBIT” di dalem table ini saya menyisipkan beberpa nama misalkan ID_Penerbit dengan tipe data Number ,Penulis dengan tipe data Short Text ,Cover dengen tipe data Attachment dan Best Seller dengan tipe data Short Text









Querry
Setelah Selesai membuat table kita lanjutkan membuat querry ,Untuk Fielnya yang saya masukna judul_Book,Nama_Penulis dan Tahun_Terbit








Forms
Setelah selesai pembuataan Querry kita lanjutkan dengan membuat form, pertama kita ke creat-cari form wizard lalu akan muncul table , lalu kita pilih  penerbit & book di table queries kita selected table book=ISBN,Judul,ID_penerbit,Harga,Tahun lalu selected juga di table penerbit=penerbit.ID_penerbit,penulis,cover,Bestsell ,setelah itu show table Book dan Penerbit ,lalu hubungkan ID_penerbit (Book)dengan IDpenerbit(Penerbit) kemudian centang enforce dan cascade lalu create ,setelah selesai kita masuk ke creat -form wizard ulangin cara yang tadi selanjutnya next-next saja cari tampilan lalu beri nama Granmedia Book.makan akan muncul seperti gambar di bawah ini


Kemudian edit sesai keinginan dengan klik pojok kiri bawahDesign Viwe di sini bebas design sesuai yang anda inginkan .tambahkan pula record seperti gamber tampilan saya di bawah ini


Setelah sudah balik kali ke form view untuk menampilkan file form yang sudah di buat barusan berikut tapilany







 Reports
Setelah sudah membuat Forms selanjuta membuat Report untuk menampilkan laporan yang saya buat menggunakan report dan query pertama klik creat,pilih report wizard lalu design sesuai yang anda inginkan
setelah sudah muncul riport ,lalu kita rapikan kembali atau mengedit sesuai selera kalian masing masing di sini saya cuma merapikan saja





SwitchBoard
 membuat switchboard dengan cara klik file lalu options lalu ke Quick Access ToolBar lalu cari di kotak atas SwitchBoard Maneger lalu add sehingga bedada di kotak bagian kanan lalu klik ok





 

lalu ikon switchBoard akan muncul di bagian pojok kanan atas sebelah tombol cant't redo ,lalu klik tombol switchBoard lalu akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini


lalu klik edit lalu ganti namanya sesuai selera kalian setelah itu buat switchboard baru untuk menambah table data buku 2017 dan 2016 ,reports dan keluar

 
maka hasilnya akan seperti ini

Ya itu dia tutorial membuat database sederhana ,kurang lebih nya mohon di maafkan ,terimakasih telah berkunjung ke blog saya :)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.